Popular Post

Posted by : Gusnaedy Fadly 48 10 Des 2012


Pernah mendengar nama JKT48? Girlband dengan personil yang luar biasa banyak dan berisikan anak-anak perempuan dengan seragam sekolah Jepang. Yang sebagian personilnya masih duduk di bangku sekolah dan yang mempunyai fans pria dalam jumlah luar biasa banyak. Bukan girlband melainkan idol group dan juga adik dari idol group ternama Jepang; AKB48. Pernah dengar?
Pernah mendengar lirik lagu ‘I love you. I need you. I want you’? Itu adalah penggalan lagu dari salah satu iklan minuman isotonic ternama di dunia yang dimiliki oleh Jepang. Pertanyaan saya mudah: apakah anda tertarik menggunakan JKT48 sebagai icon untuk advertising perusahaan anda?
Dengan 24 member dan umur grup yang belum genap satu tahun; JKT48 bisa menjadi icon advertising banyak perusahaan Jepang karena mereka sama-sama menggunakan satu label besar, yaitu Made-In-Japan. Perusahaan Jepang di Indonesia Tapi apakah anda sudah melihat apa yang membedakan JKT48 dengan girlband kelas atas: Cherry Belle (Chibi)?
Mereka sama-sama mempunyai pangsa pasar anak-anak muda, tapi yang membedakan keduanya adalah buying power. Cherry Belle boleh saja lebih dikenal masyarakat Indonesia dan lebih terkenal di perusahaan-perusahaan lokal, tapi dalam hal buying-power; JKT48 punya fans-fans yang tidak bisa di anggap remeh. Loyalitas yang kuat dan ingin men-support idola mereka, inilah yang menjadi target utama para fans untuk membeli berbagai jenis produk yang di lakoni oleh JKT48. Belum lagi di tambah komunitas Jepang dan fans-fans yang sudah bekerja berani membeli lebih banyak dari pada fans-fans yang masih sekolah.
Kalau penjelasan di atas kurang kuat, mari saya jelaskan salah satu contoh nyata. Dengan menjadi icon dari Pocari Sweat, berapa banyak peningkatan penjualan PT. Otsuka Indonesia dengan memakai JKT48? PT. Kao Indonesia boleh saja tidak mendapatkan peningkatan penjualan yang pasti ketika JKT48 menjadi icon advertising perawatan kesehatan perempuan: Laurier Active Day dan Laurier Active Night, tapi ketika JKT48 sekali lagi menjadi icon advertising Biore Body Wash, apa yang terjadi?
Intinya, kalau anda menginginkan produk anda di beli oleh sebuah komunitas besar di seluruh Indonesia, maka JKT48 adalah pilihan yang cukup aman digunakan. Silahkan melihat dan belajar dari teman-teman dari PT. Otsuka Indonesia, PT. Kao Indonesia, PT. Sharp Indonesia, dan Yamaha Motor Indonesia yang menggunakan JKT48. Apakah penjualan mereka meningkat dan apakah mereka menjanjikan, itu bisa dilihat sendiri dari growth business mereka. Satu hal yang pasti, JKT48 adalah pilihan yang menjanjikan.
Tahu atau tidak, JKT48 baru saja memiliki 2nd generation. Secara keseluruhan JKT48 memiliki 2 generasi: 1st gen dengan 24 member dan 2nd gen dengan 31 member. Ini akan menjadi kunci penting bagi anda dalam menawarkan kerja-sama dengan JTK48. Kenapa? Karena saya percaya saat anda mengajukan proposal kepada JKT48 yang diwakili oleh Dentsu Indonesia, mereka akan balik bertanya: mau menggunakan 1st gen atau 2nd gen? Dan sekedar penjelasan singkat saja, selama ini semua iklan besar dan kecil dilakoni oleh 1st gen JKT48.
Kalau bicara harga, sudah tentu 2nd gen lebih murah dibandingkan 1st gen yang sudah masuk kategori artis level ASIA. Banyak perusahaan lokal batal menggunakan JKT48 sebagai icon advertising mereka karena mahalnya biaya untuk mengontrak mereka, sehingga perusahaan medium pun belum tentu kuat untuk memakai JKT48 sebagai icon advertising. Tapi ingat, mana yang anda butuhkan? Apakah perusahaan anda yang mengadopsi prinsi The More You Spent, The More You Get atau prinsip Low Cost but Efficient Result?
Menggunakan 1st gen JKT48, bisa dipastikan anda akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tapi dengan produk yang tepat, anda akan melihat dan merasakan sendiri betapa besarnya buying-power dari fans 1st gen JKT48. Bukan itu saja, produk yang anda pasarkan pun akan otomatis di lihat oleh seluruh fans JKT48 di luar Indonesia dan tidak tertutup kemungkinan juga fans dari luar negeri yang akan membeli produk anda. Ini adalah kesempatan untuk ekspansi market ke luar negeri jika anda bisa memanfaatkan momentum yang tepat. Dan percayalah, setiap iklan yang dipasarkan oleh JKT48 akan menjadi sorotan fans-fans di Jepang. Kalau anda mau ekspansi atau mau melihat potensi pasar di luar negeri, maka 1st gen JKT48 adalah yang paling tepat.
Bagaimana dengan 2nd gen? Saya pribadi merasa 2nd gen sengaja di persiapkan untuk bangsa pasar yang lebih mudah dijangkau oleh para medium financial sector di Indonesia. 2nd gen pun dikenalkan ke masyarakat Indonesia, supaya mereka lebih bersahabat dengan perusahaan-perusahaan lokal yang menaruh minat untuk menggunakan JKT48 sebagai icon advertising tapi terhalang karena masalah dana. Bukan berarti itu pilihan yang jelek, 2nd gen dengan memakai label JKT48 dan lagu-lagu JKT48, anda sudah mendapatkan jaminan bahwa 2nd gen adalah icon advertising yang aman dan efisien. Secara kontrak mereka tidak akan semahal kontrak 1st gen, secara penjualan pun, saat fans melihat iklan yang dibawakan, mereka akan langsung mengenali dari wajah atau dari lagu yang dinyanyikan sehingga fans pasti akan membeli product tersebut.
Tapi sekali lagi, ini semua kembali kepada anda. Apakah perusahaan anda mengembangkan ke luar atau anda mau mengencangkan kekuatan bisnis anda di Indonesia? Kalau anda mau memilih keduanya, maka 1st gen JKT48 adalah yang anda butuhkan. Begitu juga dengan pilihan pertama, 1st gen JKT48 adalah pilihan yang baik. Tapi kalau anda mau memperkuat kekuatan bisnis di Indonesia, anda bisa memilih 2nd gen JKT48. Siapa pun yang anda pilih, anda tetap mendapatkan sebuah kepastian: JKT48 memang salah satu senjata untuk meningkatkan bisnis perusahaan anda.
p.s. Artikel ini dibuat tanggal 12 October 2012 dan di post di salah satu forum bisnis kira-kira menjelang 31 kandidat 2nd gen tampil di umum. Ini ARTICLE EXPIRED dan OUTDATED jadi SUDAH TIDAK AKURAT tapi tetap saya post karena ingin saya recap. Mohon jangan di salah gunakan isi dari artikel ini.

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda!!!

>>Jangan Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Menyinggung, Gunakan Komentar Anda Dengan Bijak

>>Di Larang Meninggalkan Link Ataupun SPAM Pada Komentar Anda

Terima Kasih Atas Kunjungannya!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gusnaedy Fadly 48 - Gusnaedy Fadly - Powered by Blogger - Designed by Gusnaedy Fadly 48 -